14 Mei 2013

Eksperimen Bika Ambon (KBB #34: Made in Indonesia)


Pertama dapat surat tjintah langsung kepikiran gimana cari bahan-bahannya. Tinggal di kota kecil di US, tentu tak semua bahan-bahan bika ambon dapat diperoleh dengan mudah. Untung ternyata di Asian grocery store tempatku biasa belanja, semua bahan ada, walaupun pastinya tidak ada yang segar. Daun jeruk dan daun pandan beku, santan kalengan, dan air kelapa kalengan.

Tapi syukurlah walaupun begitu bisa dibilang eksperimen ini berhasil. Tidak sempurna memang, sempat diwarnai insiden kertas roti yang seharusnya melapisi loyang malah mengambang. Jadi bika ambonnya agak susah dikeluarkan dari loyang.


Dan sewaktu pertama ditaruh dalam oven dengan pintu dibuka untuk mendapatkan lubang-lubang, sudah hampir satu jam tak kunjung kelihatan lubang-lubangnya. Akhirnya kututup saja pintu ovennya, walaupun tak kusaksikan lubang-lubang di permukaan si calon bika ambon. Dan aku tak perlu menyalakan api atas untuk membuat permukaan bika ambon lebih kecoklatan, karena dengan hanya api bawah pun kulihat kecoklatannya sudah berlebihan. Aku bahkan takut kalau kegosongan.


Dan setelah didinginkan dan dikeluarkan dari loyang, dipotonglah sang bika ambon. Taraaa... Jingkrak-jingkrak kegirangan karena ada serat-seratnya.


Resep selengkapnya dapat dilihat di Klub Berani Baking.


2 komentar:

  1. met kenal bun,saya jg tinggal di usa,saya coba dg tempt 320f/180c kok ga bersarang ya bund,mohon pencerahan ya trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga. Maaf baru dibalas, lama sekali tidak buka blog. Saya sudah tidak tinggal di US lagi, sudah pulang kampung. Mohon maaf tidak bisa memberikan pencerahan, karena tidak bersarangnya bisa berasal dari banyak hal. Temperatur oven juga kadang tidak persis antara satu oven dengan yang lain, ketinggian adonan di loyang juga pengaruh. Saya pernah gagal total, gara-gara pakai loyang loaf dan adonannya jadi terlalu tinggi. Saran saya jangan menyerah, coba lagi dengan melakukan penyesuaian atas salah satu faktor yang mungkin jadi penyebab kegagalan (antara lain bahan, loyang, temperatur oven, proses)

      Hapus